Tips Hemat Listrik untuk Pemilik Usaha Ruko Maupun Warung

Listrik yang digunakan sebagai sumber tenaga untuk penerangan, hingga menunjang berbagai macam kegiatan sehari-hari, didapatkan oleh masyarakat tidak secara gratis, melainkan dengan membayarnya. Mulai dari perusahaan listrik milik negara yaitu PLN, sampai dengan yang didapatkan oleh perusahaan kelistrikan non BUMN, khususnya untuk industri sendiri, dimana memang kebutuhan akan listriknya juga tergolong cukup tinggi, sehingga PLN saja tidak cukup. Bahkan beberapa diantaranya membangun sumber tenaga listrik sendiri, dalam hal ini tentunya ada banyak sekali komponen yang dibutuhkan, termasuk diantaranya adalah untuk pengujian dengan menggunakan beban harus ada load bank.

Tak hanya untuk industri besar saja, melainkan tak jarang juga diantaranya pemilik usaha kecil yang juga tingkat kebutuhan listriknya cukup tinggi, sebut saja diantaranya adalah ruko atau mungkin warung hingga home industri. Lalu bagaimana caranya agar beban listrik yang dikeluarkan untuk usaha ini bisa lebih hemat, maka berikut ini langkah yang dapat dicoba, yaitu:

  1. Beralihlah golongan listrik, yaitu dengan menggunakan listrik B1, ini adalah golongan listrik yang dikhususkan untuk kalangan yang memiliki usaha, misalnya adalah ruko, ruko toko atau rumah yang memiliki home industri, tentunya yang memiliki daya di bawah 6600 VA, sehingga nantinya tarif perhitungannya juga lebih ringan atau dihitung subsidi, bisa menekan biaya pengeluaran.
  2. Sebisa mungkin gunakan produk elektronik yang hemat energi untuk usaha, seperti diantaranya adalah lampu, maka pertimbangkan berapa daya atau watt untuk menunjang daya hidupnya, ini sangatlah penting jika seandainya Anda menginginkan beban listrik juga tidak besar, apalagi digunakan hampir setiap waktu.
  3. Tetap selektif dalam membatasi pemakaiannya, misalnya untuk lampu sendiri, ketika tidak digunakan, maka bisa dimatikan, sehingga nantinya beban listrik tidak terus dikeluarkan atau mengalir.

Langkah-langkah tersebut patut untuk Anda coba sehingga nantinya beban listrik untuk usaha bisa ditekan, atau tidak terlalu membengkak. Jika perlu maka Anda juga harus memiliki generator atau genset yang dibutuhkan untuk kondisi-kondisi darurat sehingga produktivitas tetap tidak menurun, bisa menyewa di Sewatama, cek disini http://sewatama.com/id/.