Mengenal Tentang Asuransi Mobil All Risk

Mobil merupakan salah satu alat transportasi yang sering dijumpai dan merupakan salah satu aset berharga karena diperoleh dengan harga yang lumayan mahal sehingga banyak orang yang merawat mobil mereka dengan sangat hati-hati. Tak jarang banyak orang yang mengasuransikan mobilnya terutama dengan asuransi mobil all risk untuk melindungi mobil dari kerusakan.

Kecelakaan di jalan raya memang sangat sering terjadi baik bagi pengendara mobil, sepeda motor, maupun pejalan kaki walaupun kita sudah berhati-hati dan menelan banyak korban jiwa. Mobil memang telah memiliki pengaman seperti air bag untuk melindungi kita jika terjadi kecelakaan namun mobil akan mengalami kerusakan baik lecet, penyok bahkan tidak bisa digunakan sama sekali.

Dibutuhkan biaya yang bisa dibilang sangat besar walaupun hanya untuk lecet kecil sekalipun pada mobil. Maka dari itu beberapa orang memutuskan untuk mengasuransikan mobilnya. Terdapat beberapa keuntungan asuransi mobil yaitu :

     Perlindungan kendaraan : asuransi mobil selalu memberikan fasilitas berupa perlindungan baik dalam hal perawatan mobil maupun kecelakaan.

     Ganti rugi : perusahaan akan memberikan ganti rugi jika mobil mengalami kerusakan dan kehilangan sesuai dengan jumlah premi yang dibayar.

     Investasi : dengan melakukan investasi maka mobil akan lebih terawat dan meningkatkan nilai jual mobil jika ingin dijual kembali.

Apa Itu Asuransi Mobil All Risk?

Salah satu jenis asuransi mobil yang paling diminati adalah asuransi mobil all risk. All risk artinya semua resiko. Maka asuransi mobil all risk ini akan membayar klaim untuk segala jenis kerusakan mulai dari kerusakan kecil sampai dengan kerusakan parah maupun kehilangan mobil. Berbeda dengan asuransi mobil TLO (Total Loss Only) yang hanya membayar klaim jika terjadi kerusakan di atas 75% atau terjadi kehilangan total, premi asuransi mobil all risk pun lebih tinggi dan mahal daripada premi asuransi mobil TLO.

Pertimbangan Sebelum Memilih Asuransi Mobil All Risk

Terdapat dua jenis asuransi mobil yaitu asuransi mobil all risk dan asuransi mobil TLO. Asuransi mobil all risk memang terdengar lebih menguntungkan karena dapat membayar berbagai jenis kerusakan mobil, berbeda dengan asuransi mobil TLO yang hanya membayar jika terjadi kehilangan mobil. Walaupun terdengar menguntungkan, terdapat beberapa hal yang perlu dipertimbangkan terlebih dahulu sebelum memilih asuransi mobil all risk.

  1. Biaya Premi

Manfaat asuransi mobil all risk yang didapatkan sangat banyak dan lebih menguntungkan dibandingkan dengan asuransi TLO namun biaya preminya pun juga lebih mahal bahkan dua kali lipat lebih mahal yang berkisar mulai dari 2,5% hingga 3,5% dari harga mobil per tahunnya. Meskipun mahal, manfaat yang didapatkan setara dengan premi yang dibayarkan. Maka dari itu siapkan budget lebih sebelum memilih asuransi mobil all risk.

  1. Perlindungan yang Disediakan

Walaupun namanya asuransi all risk namun tidak semua resiko yang ditanggung oleh pihak perusahaan. Tetapi biasanya ada beberapa perusahaan yang memperbolehkan konsumen untuk memperluas perlindungan yang otomatis akan menambah biaya premi. Maka dari itu tanyakan kepada perusahaan yang bersangkutan terlebih dahulu mengenai detail perlindungannya.

  1. Biaya Own Risk (OR)

Biasanya perusahaan akan mewajibkan untuk membayar biaya tambahan jika kerusakan mobil terjadi akibat kelalaian pribadi yang telah ditentukan di awal. Biaya ini juga berlaku untuk asuransi TLO.

  1. Pengecualian

Setiap asuransi pasti memiliki daftar yang tidak bisa diklaim maupun dengan melakukan perluasan seperti aksesoris mobil, kerusakan disengaja dan lain sebagainya. Maka dari itu perhatikan pengecualian yang telah ditentukan oleh perusahaan sebelum memilih asuransi mobil all risk.