Jangan Tunggu Terinfeksi, Ini 5 Cara Mencegah Penyakit Hepatitis A

Mencegah tentu lebih baik dari pada mengobati. Jangan sampai Anda menderita dulu, baru sadar akan pentingnya melindungi tubuh dari penyakit menular seperti hepatitis A. Walau hepatitis A dianggap lebih ringan dari penyakit hepatitis lainnya, namun tentu lebih baik jika Anda sama sekali tak terinfeksi virusnya. Sebagai langkah pencegahan penyakit hepatitis A, ikuti 5 cara berikut ini.

  1. Terapkan Kebiasaan Mencuci Tangan dengan Sabun Setiap Hari

Walau dianggap sepele, namun kebiasaan cuci tangan dapat menghindarkan Anda dari risiko penyakit, terutama sekali hepatitis A. Biasakan untuk mencuci tangan setelah menggunakan toilet, sebelum memasak, setelah membuang sampah, dan melakukan aktivitas lain yang dapat mengotori tangan. Cucilah tangan dengan sabun dan bersihkan tangan hingga ke sela jari dan juga kuku.

  1. Hindari Konsumsi Air dan Makanan Mentah

Jika tak ingin terpapar virus hepatitis A, maka sebaiknya Anda jangan mencoba-coba untuk mengonsumsi air mentah. Rebus dulu air hingga mendidih, sebelum Anda meminumnya. Sebelum mengonsumsi buah atau sayuran, pastikan Anda telah membersihkannya secara menyeluruh. Makanan mentah dan undercooked pun sebaiknya Anda hindari, karena dapat memicu infeksi hati.

  1. Vaksinasi Sebelum Bepergian ke Tempat Rawan Hepatitis A

Langkah pencegah penyakit hepatitis A yang juga bisa Anda pilih adalah dengan cara vaksinasi. Vaksinasi terutama sekali disarankan, jika Anda akan berkunjung ke tempat yang rawan terpapar hepatitis A. Efek dari vaksin hepatitis A baru akan bekerja setelah 2 hingga 4 minggu setelahnya.  Jadi baiknya, Anda memvaksinasi tubuh dari jauh-jauh hari, sebelum tanggal keberangkatan.

  1. Sebaiknya Hindari Kebiasaan Berbagi Barang Pribadi

Bukannya pelit, namun langkah ini diambil untuk melindungi diri Anda dari risiko hepatitis A. Virus hepatitis A sangat mudah menular, seperti lewat darah dan cairan tubuh penderitanya. Bisa jadi Anda meminjamkan barang pada orang yang sedang menderita hepatitis A. Sebagai langkah pencegahan dini, tahan diri Anda untuk tak biasa meminjam atau pun meminjamkan barang pribadi.

  1. Ketahui Riwayat Penyakit di Keluarga

Mencari tahu riwayat penyakit setiap anggota keluarga, merupakan salah satu langkah pencegahan dari hepatitis A. Jika sekiranya ada anggota keluarga yang terpapar penyakit ini, segera lakukan pengobatan. Batasi diri dari kontak langsung dengannya, sampai ia pulih total. Jangan biarkan ia menyiapkan makanan, karena risiko perpindahan virus hepatitis A ke makanan yang lumayan tinggi.

Walau bisa disembuhkan, namun tentu saja lebih baik jika Anda tak pernah terpapar penyakit hepatitis A. Pola hidup bersih dan sehat merupakan salah satu kunci, agar Anda bisa terhindar dari risiko hepatitis A. Jangan biasakan diri untuk meminjam dan meminjamkan barang pribadi orang lain, bahkan dengan keluarga sendiri. Hindari juga kontak langsung dengan penderita hepatitis A.