Ini Dia 3 Tips Merawat Kesehatan Anak Usia 1-2 Tahun Yang Harus Bunda Ketahui

Jangan pertanyakan lagi akan kasih sayang seorang ibu kepada anaknya. Ya, seperti yang sudah kita ketahui, bahwa setiap ibu diseluruh dunia pasti akan memberikan yang terbaik untuk sang buah hatinya. Namun pada kenyataannya, ternyata masih ada saja sebagian dari para ibu yang belum tahu tentag tips yang tepat dalam merawat kesehatan anak di usia 1 – 2 tahun. Nah, untuk mengetahui tentang tips yang dimaksud tadi, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini :

  1. Jaga Kebersihan Gigi

Menjaga kebersihan mulut dan gigi pada anak merupakan hal sangat penting untuk dilakukan oleh kita sebagai orang tua. Karena mulut dan gigi yang kotor itu adalah sumber penyakit serta timbunan bakteri. Untuk itu bunda harus rajin membersihkan gigi yang bisa membantu menjaga kesehatan gigi dari karies dan karang gigi. Dan biasakanlah pada anak supaya menggosok gigi 2 kali sehari yaitu pada pagi hari dan malam hari sebelum tidur. Gunakan sikat gigi khusus anak yang teksturnya lebih lembut, serta pasta gigi khusus anak dengan jumlah yang sudah ditentukan.

  1. Lakukan Imunisasi

Imunisasi ini sangat penting bagi anak di usia -2 tahun. Karena iminisasi bisa melindungi anak dari serangan berbagai bakteri dan virus yang sangat rentan terjangkit penyakit. Imunisasi yang wajib dilakukan adalah imunisasi campak, Thypus, polio, HIB, PVC, DTP, dan Hepatitis A. Imunisasi ini bisa dilakukan di posyandu, puskesmas, atau rumah sakit.

  1. Selalu Membersihkan Rambut Dan Kepala

Kebersihan rambut dan kepala anak harus terjaga dengan baik. Dalam hal ini bunda harus benar-benar memperhatikan kesehatan rambut dan kepala anak. Karena pada usia ini, anak mulai aktif dalam berbagai hal yang bisa menyebabkan rambut dan kepala anak menjadi kotor yang diakibatkan oleh debu dan keringat. Oleh karenanya, gunakanlah shampoo anak yang tepat.

Itulah 3 tips yang benar dalam merawat dan menjaga kesehatan pada anak berusia 1 – 2 tahun, yang harus bunda praktekkan sendiri di rumah.