Gejala Kesemutan Pada Kaki Bisa Menjadi Tanda Penyakit Ini

Saat duduk dengan melipat kaki terlalu lama, biasanya akan ada sensasi kebas dan akhirnya kaki seperti dikerubungi semut. Hal tersebut umum terjadi dan sering disebut sebagai kesemutan. Sebabnya adalah karena aliran darah yang seharusnya bisa menyuplai bagian tubuh tersebut terhambat. Namun, ketika kaki diluruskan kembali, rasa kesemutan tersebut akan memudar perlahan. Hanya saja, jika kesemutan yang kamu alami ini sering terjadi dan bahkan ketika kaki tidak tertindih sesuatu yang berat, sebaiknya kamu mewaspadai beberapa penyakit berikut ini.

Kesemutan Berat Bisa Menjadi Indikasi Penyakit

  1. Diabetes

Gejala diabetes memang bermacam-macam karena penyakit ini memang sangat memengaruhi kondisi tubuh. Salah satu gejala tersebut adalah rasa kesemutan pada kaki. Bahkan kesemutan bisa menjadi tanda awal seseorang mengalami penyakit ini, dan banyak orang yang sudah memahami hal ini. Sebelum merasa kesemutan, seseorang yang kena diabetes akan mati rasa pada bagian tubuh tertentu, lalu kesemutan pada kedua kaki dan terus berlanjut ke lengan Anda.

  1. Kurang atau kelebihan asupan vitamin

Kesemutan juga bisa disebabkan karena kurangnya asupan vitamin tertentu. Misalnya, tubuhmu kurang asupan vitamin B12, yang mana berguna sebagai pendukung fungsi sel saraf serta pembentukan sel darah merah. Saraf yang bermasalah serta aliran darah yang tidak lancar, bisa menyebabkan kesemutan.

Atau, bisa juga karena kelebihan vitamin B6. Fungsi vitamin ini sendiri juga berhubungan dengan darah serta sistem saraf pusat. Ketika kelebihan, bisa saja kamu akan mengalami kesemutan, sakit kepala, mengantuk, hingga mual.

  1. Tubuh yang keracunan

Munculnya kesemutan, bisa juga dikarenakan tubuh sedang menimbun racun terlalu banyak. Racun-racun tersebut bisa menumpuk karena berbagai hal, bisa karena makanan, minuman, atau benda kimia yang kamu pakai atau tidak sengaja terhirup. Terkadang, konsumsi obat tertentu juga bisa menyebabkan kesemutan.

  1. Sakit atau kerusakan saraf

Masalah-masalah pada saraf adalah hal paling sering menimbulkan kesemutan. Contohnya, ketika kamu terkena saraf kejepit, kamu juga akan mengalami kebas yang diikuti kesemutan pada kaki. Atau, ketika kamu mengonsumsi banyak alkohol dan mengalami kerusakan saraf akibat dari defisensi tiamin dan vitamin, kamu juga akan mengalami kesemutan.

  1. Menderita penyakit-penyakit sistemik

Penyakit sistemik merupakan penyakit yang berhubungan dengan kondisi tubuh. Ketika tubuh mengalami penyakit ini, kamu akan merasakan kesemutan yang cukup lama dan bahkan sifatnya kronis. Penyakit ini sendiri ada banyak jenisnya, tetapi yang umum menimbulkan gejala kesemutan adalah karena hormon yang terganggu, seperti tumor saraf atau hipotiroid. Bisa juga karena adanya penyakit hati, ginjal yang terganggu, dan penyakit yang berhubungan dengan darah.

Selain hal-hal di atas, sebab kecil seperti digigit serangga juga bisa menyebabkan kesemutan. Oleh sebab itu, sebaiknya tidak melakukan diagnosis mandiri dan pergi ke dokter untuk mengecek kondisi tubuh secara benar.