Aneka Jenis Colocation Server, Fasilitas Penyimpan Data Lengkap

Pentingnya data bagi kinerja operasional mengharuskan data harus disimpan dengan baik agar terjamin. Inilah pentingnya colocation server atau data center sebagai pihak penyimpan data dengan penyediaan tempat dan sistem yang memadai. Kelengkapan fasilitas dari layanan colocation tersebut juga punya banyak jenis yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

  1. Per U

Klasifikasi tempat penyimpanan data memang sangat efektif untuk menempatkan data sesuai dengan kapasitasnya. Sistem ini sudah diterapkan oleh perusahaan colocation ternama. Data yang tersimpan di sana akan terjamin keamanannya dengan klasifikasi yang tepat. Fasilitas sistem yang disediakan juga lengkap dan memadai, sehingga berlaku untuk semua data.

Pada layanan colocation atau data center, tersedia sistem penyimpanan dan pengelolaan data milik seluruh klien. Sistem tersebut berfungsi untuk menjaga data agar tetap aman, lengkap, dan tidak disalahgunakan. Guna menunjang penyimpanan data, pusat data mempunyai sistem pendingin, pencegah kebakaran, dan tenaga listrik cadangan (power supply).

Dengan semua sistem yang siap sedia tersebut, data-data penting disimpan sesuai dengan kapasitasnya. Setiap klien sudah memilih tempat atau paket penyimpanan yang akan disewa. Paket pertama yang sering dipilih perusahaan atau organisasi yang masih baru atau tergolong kecil adalah Per U. Jenis colocation ini masih mencukupi untuk data yang belum banyak.

Per U ini mempunyai arti bahwa tempat penyimpanannya berupa satuan dalam setiap rak penyimpanan. Jadi, dalam data center terdapat rak yang terdiri dari unit atau satuan. Itu berarti bahwa U adalah unit dimension. Ukuran unit ini mulai dari 1U sampai 7U. Klien yang menginginkan paket ini diberikan pilihan mengenai detail ukuran dan jumlah unit.

  1. Half Rack

Selain menawarkan paket penyimpanan Per U, paket half rack juga ditawarkan oleh colocation server sebagai pilihan berikutnya. Paket half rack otomatis terdiri dari tempat penyimpanan yang lebih banyak dibandingkan dengan sistem Per U. Anda bisa menyesuaikan kebutuhan dengan ketersediaan ruang penyimpanan sistem setengah rak ini.

Rak penyimpanan dalam pusat data memang banyak. Dalam paket setengah rak atau half rack, Anda bisa menyimpan data yang cukup banyak. Tentu saja harga sewa paket ini lebih mahal dibandingkan sistem penyimpanan Per U. Kapasitas penyimpanan pada half rack ini juga mempunyai ukuran yang berbeda. Anda bisa menentukan jenis rak yang dipakai.

Sama seperti sistem penyimpanan Per U yang mempunyai tempat dan sistem yang menunjang penyimpanan dan pengelolaan data. Layanan colocation pada paket penyimpanan half rack juga menyediakan layanan yang sama, yaitu dilengkapi dengan sistem pendingin ruangan, pencegah kebakaran, serta power supply yang mendukung kinerja layanan.

  1. Full Rack

Paket penyimpanan data selanjutnya yang disediakan perusahaan data center adalah full rack. Paket ini adalah pilihan penyimpanan dengan kapasitas terbesar dan tentu saja dengan harga sewa termahal. Dibekali dengan rak yang banyak, perusahaan colocation menyediakan tawaran rak untuk disewa dengan sistem full. Anda bisa langsung tentukan ukuran raknya.

Penyediaan tempat penyimpanan full rack ini sangat membantu perusahaan besar agar bisa menyimpan datanya dalam satu atau beberapa rak khusus, tanpa bergabung dengan pihak lain. Tak hanya itu, ruang yang masih tersisa bisa digunakan untuk menyimpan data lainnya yang pasti akan bertambah seiring berjalannya waktu.

Jenis colocation server tersebut merupakan paket yang disediakan untuk konsumen. Anda tinggal menyesuaikan antara paket tersebut dengan kebutuhan, lalu pilih yang paling sesuai. Pemilihan ini juga penting guna mengefektifkan pemakaian anggaran mengingat harga sewa colocation yang tidak murah.