5 Kelebihan VSAT Indonesia untuk Melancarkan Komunikasi

Lazimnya, VSAT Indonesia saat ini digunakan sebagai alternatif koneksi internet agar bisa menjangkau kawasan yang sangat terpencil. Soalnya daerah terpencil tersebut rata-rata hanya memiliki opsi konektivitas yang terbatas. Anda bisa lihat sendiri ketika menggunakan jaringan GPRS. Hanya bagian tertentu yang sinyalnya bagus. Inilah keunggulan VSAT.

  1. Proses Infrastrukturnya Serba Instan

Ketika Anda menggunakan layanan VSAT untuk bisnis, terutama bisnis yang berkaitan dengan jaringan, maka akan dapat keuntungan ini. Anda tidak perlu lagi merancang hal-hal yang berkaitan dengan jaringan. Tinggal pasrahkan saja kepada ahlinya. Dalam hal ini, salah satu yang telah profesional di bidang VSAT adalah Lintasarta.

Di Lintasarta, VSAT yang dibeli itu semacam paket. Untuk VSAT Nomadic saja hanya 80 juta hingga 100 juta Rupiah. Namun performanya sangat menjanjikan. Daerah yang sangat terpencil sekalipun bisa dijangkau. Adapun dalam menjalankan bisnis, rata-rata memasang tarif terjangkau karena dihitung berdasarkan per menit penggunaan.

  1. Proses Manajemen yang Mudah

VSAT yang telah terpasang itu memiliki stabilitas serta fleksibilitas tinggi. Jauh lebih mudah daripada menggunakan jaringan seperti GPRS dan sebagainya. Apabila situs milik Anda baru dibikin, maka hanya perlu relokasi yang tidak membutuhkan waktu banyak. Proses pemasangannya bisa dilakukan secara independen atau sendiri.

Namun sebelum Anda mengubah tata-letak dan sebagainya, Lintasarta terlebih dahulu memberikan sosialisasi secara lengkap. Biar kesalahan yang mungkin timbul bisa diminimalisir. VSAT itu memiliki sifat portable atau punya mobilitas yang tinggi. Bahkan jika dipasangkan ke mobil keliling, jaringannya mampu menjangkau daerah seluas mungkin.

  1. Tersedianya Sistem Recovery

Recovery dalam VSAT Indonesia bisa bermakna sebagai alternatif atau cara lain untuk mengamankan data-data di dalamnya. Berdasarkan terminologinya, recovery bermakna sebagai upaya memulihkan sesuatu. Dalam hal ini, maka pemulihan yang dimaksud ada pada jaringan terkait data-data yang keluar-masuk.

VSAT yang disediakan oleh Lintasarta memiliki konsep arsitektur satu data. Maksudnya, data-data yang ada dihimpun menjadi satu kesatuan. Alhasil, proses pemulihan jaringan pun bisa berjalan dengan lancar. Kadang-kadang ketika traffic tinggi, terjadi semacam kelumpuhan. Nah, pada VSAT yang disediakan oleh Lintasarta bisa pulih secepat mungkin.

  1. VSAT Punya Cakupan Sangat Luas

Mungkin pada awalnya terasa agak mahal. Tapi mahalnya di sini bersifat sangat relatif. Ketika usaha terus mengalami peningkatan, baru terasa murahnya. Untungnya, VSAT memiliki cakupan jaringan yang sangat luas. Hal ini dimungkinkan agar biaya pengembangannya jadi lebih murah.

  1. Menggunakan Virtual Private Network

VPN memiliki keamanan yang cukup tinggi dan tidak gampang ditembus. Dari asal katanya, VPN itu merupakan sistem yang terdiri dari penyedia VPN dengan pengguna server yang masing-masing terhubung ke internet. Nah, data-data yang masuk itu kemudian dienkripsikan menjadi bentuk atau wujud yang sama sekali berbeda.

Model keamanan yang mungkin pernah Anda lihat antara lain L2F, SSL, serta Cisco. Jadi, Anda tidak perlu khawatir lagi dengan dugaan sistem jaringan Anda kemungkinan diretas ataupun sekadar mencuri data. Dengan adanya VPN, maka mampu menghubungkan jaringan lewat jarak jauh.

Penggunaan VPN memungkinkan lalu-lintas internet akan dicatat dalam metode koneksi yang terenkripsi. Akibatnya, alamat IP yang sebenarnya pun jadi tersembunyi. Dengan kata lain, IP Anda yang muncul dalam pencarian adalah dari negara penyedia VPN. Bukan lagi dari ISP tempat Anda.

Itulah beberapa kelebihan menggunakan VSAT Indonesia untuk keperluan berbagai bisnis. Lintasarta sendiri sudah berpengalaman menyediakan jaringan VSAT terbaik di Tanah Air. Bahkan layanannya sudah diakui secara internasional. Pada tanggal 17 Oktober 2018 lalu, Lintasarta mendapat penghargaan di bidang keamanan data dan cloud service. Luar biasa.