Tips-Tips Pintar Sebelum Membeli Rumah

Tempat tinggal merupakan hal yang tidak akan pernah bisa lepas dari peradaban manusia. Kebutuhan akan rumah pun semakin tahunnya semakin meningkat. Nah, Anda mungkin salah satu dari banyak sekali orang yang menargetkan untuk mempunyai rumah di tahun 2017 ini. Faktanya, membeli rumah tidak semudah membeli permen, Anda harus punya tips-tips tertentu agar bisa mendapatkan rumah yang sesuai dan nyaman. Mau tahu apa saja tipsnya? Yuk, lihat sama-sama tips-tips pintar sebelum membeli rumah di bawah ini.

  1. Temukan Lokasi Rumah Ideal Anda

Sudah bukan rahasia lagi, namun masih banyak yang tidak memprioritaskan lokasi bangunan rumah sebelum memutuskan untuk membelinya. Padahal, ini hal yang paling penting untuk dilakukan. Anda bisa mempertimbangkan jarak tempuh dari rumah ke tempat pekerjaan Anda, akses jalan, tidak banjir, jaraknya dengan pusat keramaian, dan lain sebagainya.

  1. Menentukan Ukuran Rumah yang Diperlukan

Setelah berhasil menemukan lokasi paling ideal bagi Anda, saatnya untuk menentukan ukuran rumah yang diperlukan. Ingat, rumah itu tidak perlu besar dan mewah. Anda hanya disarankan untuk menyesuaikannya dengan kebutuhan seperti misalnya keluarga yang beranggotakan 3 orang akan berbeda kebutuhannya dengan keluarga yang anggotanya 5 orang.

  1. Lihat Spesifikasi Bangunan Secara Lengkap

Material yang digunakan dari bangunan rumah yang akan Anda beli tentu sangat penting untuk dipertimbangkan. Pelajarilah mengenai spesifikasi ini sebisa Anda dan pastikan bahwa Anda menerima spesifikasi yang jelas dari developer rumah sehingga rumah yang anda beli nantinya benar – benar merupakan rumah yang sesuai dengan keinginan anda.

  1. Intip Fasilitas di Area Rumah

Khusus untuk Anda yang akan membeli rumah di sebuah perumahan, jangan lupa untuk mengetahui fasilitas yang dimiliki oleh perumahan tersebut. Fasilitas sosial merupakan fasilitas pertama yang perlu Anda lihat. Fasilitas sosial ini meliputi olahraga, tempat bermain anak, tempat ibadah, taman untuk santai, saluran air, keamanan dan lain sebagainya.

Fasilitas umum juga tak kalah penting untuk diperhatikan seperti kantor, rumah sakit, klinik, sekolah, mall dan lain sebagainya. Perumahan yang baik biasanya menyediakan fasilitas-fasilitas tersebut sedekat mungkin.

Tips-Tips Pintar Sebelum Membeli Rumah

  1. Pastikan Rumah Memiliki Garansi Kerusakan

Masih seputar perumahan, umumnya pihak penyedia akan memberikan garansi kerusakan rumah yang Anda beli. Walaupun tidak lama yakni hanya 3 bulan, namun masih lebih baik membeli rumah yang bergaransi karena Anda bisa meminta perbaikan gratis apabila rumah bocor, dan lain sebagainya selama garansi masih berlaku.

  1. Bandingkan Terlebih Dahulu

Jangan sampai Anda mentok di satu saja pilihan rumah. Lihatlah rumah lain atau perumahan lain dan bandingkan semuanya. Pikirkan matang-matang keuntungan dan kerugiannya supaya tak ada penyesalan di kemudian hari.

Demikianlah tips-tips pintar sebelum membeli rumah yang akan menuntun Anda untuk mendapatkan rumah ideal terbaik. Selain teliti, sabar juga merupakan salah satu kunci dalam membeli rumah. Semoga dapat menjadi referensi Anda.