Tips dan Trik Memilih Toko Sepeda Online Sebagai Tempat Belanja Anda

Sepeda saat ini masih menjadi incaran banyak orang sebagai salah satu alat olahraga, meskipun ada pilihan jenis olahraga lainnya. Hal inilah yang membuat banyak produsen sepeda masih eksis menciptakan beragam model paling baru. Mulai dari sepeda balap, sepeda BMX ataupun jenis sepeda lainnya. Beberapa toko sepeda online juga mempunyai andil besar dalam meningkatkan penjualan sepeda saat ini. Bagaimana tidak, dari orang yang sebelumnya tidak berniatan mempunyai sepeda akhirnya tertarik setelah melihat pada toko online yang menawarkan berbagai macam sepeda.

Banyaknya situs online yang menawarkan sepeda ternyata tidak semuanya mempunyai kualitas yang aman dan terpercaya. Disini bukan berbicara mengenai kualitas produk sepedanya tetapi lebih kepada kualitas toko yang menyediakannya. Ada beberapa hal yang menjadi pengalaman buruk bagi para konsumen yang memilih toko online untuk membeli sepeda, antara lain:

  1. Sudah melakukan transfer tetapi barang tidak kunjung dikirim, dan setelah dilakukan pengecekan ulang nomor sudah diblokir.

  2. Tidak terdapat toko konvensional sebagai gudang sepeda, hal ini menjadi ciri toko tersebut abal-abal.

  3. Mendapatkan produk yang tidak sesuai dengan apa yang telah dipesan dari awal, misalnya saja beda warna, beda merk dan lain sebagainya.

  4. Selalu mengulur-ulur waktu pengiriman barang, hal ini juga perlu Anda waspadai.

  5. Menawarkan harga yang paling rendah, bahkan tidak sesuai dengan apa yang ada dipasaran.

  6. Tidak menggunakan nama bank secara resmi, jadi mereka menggunakan data diri perorangan.

Pengalaman atau ciri konsumen yang menjadi salah satu korban seperti diatas perlu Anda jadikan sebagai pertimbangan. Jangan sampai Anda melakukan kesalahan yang sama dan akhirnya mengalami kerugian. Ada beberapa faktor yang bisa dijadikan sebagai pertimbangan Anda sebelum membeli pada toko sepeda online yaitu:

  1. Kemudahan proses pada toko online membuat Anda mempunyai lebih banyak resiko yang mengancam. Hal ini akan terlihat setelah Anda melakukan transaksi, jadi lebih baik berhati-hati karena ada harga dan resiko itu sama.

  2. Jika Anda membeli pada toko online akan lebih susah untuk melakukan purna jual, terlebih lagi ketika muncul masalah yang menyebabkan sepeda harus diperbaiki. Untuk melakukan service atau garansi pasti akan lebih sulit ketika Anda membeli melalui toko online.

  3. Tidak dipungkiri memang toko online mampu memberikan tampilan jenis sepeda yang sangat beragam. Dan kemungkinan untuk mendapatkan yang paling murah sekalipun pasti bisa, tetapi hal Itu tidak memberikan Anda kepuasan yang lebih karena tidak bisa melihat secara langsung barang.

  4. Umumnya sepeda yang dibeli melalui online akan datang dalam bentuk rakitan, jadi konsumen diharuskan merakit sendiri. Hal ini kadang mempersulit Anda, belum tentu juga Anda mempunyai keahlian dalam merakit sehingga menjadi sepeda yang sesuai.

  5. Anda bisa mendapatkan diskon yang lebih pada toko online karena adanya promo tetapi jika Anda memilih toko konvensional pasti akan mempunyai kesempatan yang lebih untuk mendapatkan fasilitas seperti gift ataupun bonus lainnya.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu Anda jadikan pertimbangan sebelum akhirnya menyesal karena sudah melakukan. Pada dasarnya memilih toko sepeda online merupakan salah satu jembatan yang hanya mempermudah. Tetapi pada kenyataan ada saja masalah yang timbul akibat kurang pahamnya satu dengan yang lain. Jika memang Anda menginginkan segala sesuatu lebih baik dan aman tentunya memilih toko konvensional, tetapi semuanya kembali lagi kepada Anda.