Susu Pertumbuhan Anak 3 Tahun, Solusi Gizi Si Kecil Cerdas dan Aktif

Asupan makanan buah hati harus diperhatikan demi keberhasilan tumbuh kembangnya. Saat berusia 3 tahun, si kecil semakin aktif. Susu pertumbuhan anak 3 tahun adalah solusi pemenuhan gizi efektif agar di kecil cerdas dan aktif. Apakah manfaat susu bagi si kecil? Simak jawabannya beserta kandungan gizi dalam susu berikut ini.

  1. Mendukung Proses Berpikir Si Kecil

Kecerdasan intelektual sangat penting dan perlu dioptimalkan. Pemberian susu saat si kecil menginjak usia 3 tahun merupakan langkah tepat karena akan merangsang perkembangan sel otak pada periode emasnya. Dengan demikian, proses berpikir si kecil menjadi lebih optimal.

Kandungan zat dalam susu yang mampu mendukung proses berpikir si kecil adalah DHA, AA, serta vitamin A. Ketiga zat tersebut berfungsi meningkatkan daya penglihatan dan perkembangan otak. Semua zat itu dibentuk dari asam linolenat (omega 3) dan asam linoleat (omega 6).

Daya ingat semakin membaik dengan peran omega 3 dan 6 yang membentuk membran otak. Zat besi dan kolin dalam susu juga berperan mendukung perkembangan otak serta meningkatkan fungsi daya ingat. Seluruh nutrisi tersebut adalah alasan mengapa susu dinilai penting dalam mendukung proses berpikir si kecil.

  1. Mendukung Si Kecil Tumbuh Aktif

Buah hati yang tumbuh aktif adalah impian setiap orang tua. Pemenuhan nutrisi berupa susu saat usia 3 tahun sangat membantu untuk mengoptimalkan pertumbuhan si kecil yang aktif. Kandungan protein dalam susu mampu mendukung pertumbuhan dan perkembangan sel-sel tubuh, sehingga tumbuh kembangnya optimal sesuai usia.

Vitamin D, kalsium, dan fosfor adalah tiga komponen utama yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan sel-sel tulang, sehingga berpotensi mendukung optimalnya kemampuan motorik. Mengonsumsi susu juga baik bagi kepadatan tulang. Hal tersebut sangat tepat karena si kecil mulai aktif bergerak saat tiba di usia 3 tahun.

Selain baik untuk tumbuh kembang tulang, ketiga kandungan zat dalam susu anak 3 tahun sangat bermanfaat untuk mempertahankan kepadatan gigi. Oleh karena itu, si kecil bisa dengan mudah menggigit makanan untuk asupan gizinya yang mulai kompleks. Akan tetapi, jangan biarkan anak menggigit makanan terlampau keras.

  1. Mendukung Daya Tahan Tubuh Si Kecil

Di samping mendukung proses berpikir dan tumbuh kembang motorik, pemberian susu anak saat berusia 3 tahun mampu mendukung daya tahan tubuh si kecil. sistem imunitas tubuh didukung oleh 5 nukleotida. Vitamin B kompleks dalam susu berfungsi melancarkan proses metabolisme tubuh dan pembentukan jaringan.

Vitamin C, zinc, dan selenium di dalam susu dapat meningkatkan sistem daya tahan tubuh, sehingga si kecil mampu bergerak aktif, tak mudah lelah, dan tidak mudah terserang penyakit. Kandungan oligofruktosa (prebiotik) mampu mendukung sistem pencernaan yang sehat dan mengurangi kemungkinan sembelit.

Zat penting selanjutnya yang mampu mendukung daya tahan tubuh anak usia 3 tahun adalah vitamin E. Kandungan vitamin E dapat membatasi produksi molekul radikal bebas yang ada di dalam tubuh agar tidak merusak sel. Kinerja sel dan kemampuan adaptasi sel tetap terjaga, sehingga bisa mempertahankan kondisi kesehatan tubuh.

Ketiga hal penting tersebut bisa diperoleh dari asupan gizi dari susu pertumbuhan anak 3 tahun. Karena pentingnya kandungan gizi dari susu tersebut, upayakan untuk memberikan susu secara teratur kepada buah hati Anda. Utamakan untuk membentuk generasi cerdas dan aktif sejak dini. Jadikan cerdasnya bersinar dengan asupan nutrisi sesuai usianya.