Jenis-Jenis Program Beasiswa Dalam Negeri

Menjadi seorang pelajar adalah suatu kewajiban seorang warga negara dimanapun dia tinggal. Beberapa negara maju sudah memberikan fasilitas yang sangat memadai untuk generasi muda yang sedang menempuh masa belajar demi menggapai cita cita nya. Pada beberapa negara berkembang salah satunya Indonesia, bahkan mewajibkan seorang anak menempuh pendidikan hingga 12 tahun.

 Cara memperoleh beasiswa dalam negeri.jpg

Dengan demikian, seorang anak dituntut harus menempuh dan menyelesaikan pendidikan dari SD – SMP – SMA/SMK. Setelah itu, Mereka bebas memilih untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi atau bekerja.

Beberapa pelajar Indonesia enggan melanjutkan pendidikan ke bangku kuliah dengan alasan biaya. Mahalnya biaya perkuliahan membuat sebagian orang mengurungkan niat melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi. Namun jangan khawatir, ada beberapa program beasiswa dalam negeri yang bisa di dapatkan oleh para mahasiswa baru. Tentunya, program beasiswa ini dapat mengurangi beban pembiayaan kuliah. Berikut jenis program beasiswa dalam negeri:

  1. Bidik Misi

Program beasiswa ini sangatlah tepat untuk membantu mahasiswa yang memilii prestasi namun tidak memiliki biaya untuk melanjutkan ke bangku perkuliahan. Semua pelajar sebenarnya memiliki kesempatan, namun bidikmisi hanya diperuntukkan bagi mereka yang memiliki nasib kurang beruntung. Sehingga ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi bagi calon penerima bidikmisi seperti : bukti surat keterangan tidak mampu dari kepala desa setempat, kartu jamkesmas, tagihan listrik setiap bulan dengan syarat daya listrik 450 Watt, dll. Kemudian nantinya akan diadakan wawancara khusus biasanya dari pihak perguruan tinggi kepada calon penerima bidikmisi untuk menentukan kelayakannya.

  1. Yayasan

Jenis beasiswa ini biasanya ditawarkan dari komunitas atau suatu yayasan tertentu, baik bersifat akademik, sosial maupun keagamaan. Dari yayasan tersebut biasanya juga akan mengadakan seleksi kepada calon penerima program beasiswa dalam negeri untuk mahasiswa yang memiliki prestasi atau bagi yang kurang mampu.

  1. Beasiswa dari pihak Universitas

Pemberian beasiswa dari pihak universitas ini biasanya bersifat penghargaan karena seorang mahasiswa telah mengharumkan nama baik universitasnya. Sebagai contoh ada seorang mahasiswa yang menang dalam lomba akademik maupun non akademik akan mendapatkan uang pembinaan dari universitasnya.

Hal ini tidak menutup kemungkinan bagi mahasiswa kurang mampu, karena beasiswa dari universitas tidak hanya untuk mereka yang berprestasi saja, namun bisa juga digunakan untuk mahasiswa yang memiliki masalah dalam finansial. Biasanya beasiswa ini memiliki syarat yang harus dipenuhi yaitu IP atau Indeks Prestasi dengan tolok ukur yang sudah ditentukan oleh universitas itu sendiri.

Itu semua adalah contoh beasiswa yang banyak ditemukan di universitas dan terbuka bagi seluruh mahasiswa di Indonesia, Jadi janganlah berkecil hati ketika anda tidak memiliki biaya atau terkendala masalah biaya. Di indonesia banyak penyedia program beasiswa dalam negeri yang bisa dimanfaatkan untuk menggapai cita-cita.