Haruskah Memberi Tip pada Penyedia Jasa Pindahan?

Ketika menggunakan jasa pindahan, tentu Anda bertanya-tanya apakah Anda harus memberikan tip. Jika ya, berapa banyak tip yang harus diberikan? Penyedia jasa pindahan yang baik tentu pantas mendapatkan imbalan atas layanannya. Lantas, seperti apa imbalan yang sesuai untuk pekerjaan mereka?

Kapan harus memberi tip kepada penyedia jasa pindahan?

Pemberian tip sebaiknya dinilai dari seberapa baik layanan yang mereka berikan. Jika Anda merasa tidak mendapatkan layanan yang baik, Anda tidak perlu memberikan tip. Tip hanya cocok diberikan kepada penyedia jasa pindahan yang bekerja dengan baik.

Ingat, orang-orang yang menerima tip adalah mereka yang membantu Anda secara langsung. Anda tidak memberikan tip untuk perusahaan penyedia jasa. Jika perusahaan tidak kooperatif namun pekerjanya bekerja dengan baik, berikanlah tip kepada mereka secara langsung. Dengan kata lain, bedakan antara perusahaan dengan pekerjanya.

Berapa banyak tip yang harus diberikan?

Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan untuk menentukan jumlah tip. Seberapa besar tingkat kesulitan untuk memindahkan barang-barang? Apakah ada tangga yang membantu pekerjaan mereka? Apakah mereka harus memindahkan barang-barang yang membutuhkan waktu lama? Secara umum, pemberian tip berkisar antara 5-10% dari jumlah keseluruhan biaya. Berikan tip tersebut ke masing-masing pekerja. Namun, jika jumlah mereka banyak, berikan tip tersebut pada kepala pekerjanya. Ia yang nantinya akan membagi tip tersebut ke seluruh anggota.

Anda bisa menaikan jumlah tip di atas 10% jika pelayanan mereka sangat memuaskan. Namun ingat, pekerja jasa pindahan memang diharuskan untuk selalu membantu meskipun itu diluar kewajibannya. Misalnya membantu di saat-saat pembungkusan dan pengiriman barang. Mereka juga harus membantu membungkus barang pecah belah dengan hati-hati. Pekerja jasa pindahan seperti itulah yang dapat dikatakan baik dan responsif.

Kapan Anda Tidak Boleh Memberi Tip?

Sebelum memberi tip, pastikan pekerja tersebut benar-benar berkualitas. Mereka harus tepat waktu, kecuali ada alasan yang logis seperti terjebak macet. Selain itu, mereka juga harus mengurus barang-barang Anda dengan hati-hati dan teratur. Pekerja yang baik juga akan bekerja sesuai permintaan Anda. Jika Anda bertanya, mereka akan meresponnya dengan baik. Bila ada barang hilang, mereka dapat membantu Anda untuk menemukannya. Mereka juga harus bertanggung jawab pada barang yang mereka rusakan. Bila terdapat asuransi, mereka akan membantu Anda mengurusnya. Pecah atau rusaknya barang tentu bukan hal yang diharapkan. Namun, melalui kejadian ini Anda bisa menentukan apakah Anda harus memberikan tip. Jika Anda merasa kinerja mereka buruk, Anda tidak perlu memberikan tip.

Menyediakan minuman dan makanan

Entah Anda memberikan tip atau tidak, Anda harus menyediakan konsumsi. Karena pekerjaan mereka menguras tenaga, minuman harus selalu tersedia. Jadi, pastikan Anda memiliki persediaan gelas kertas atau plastik berserta dengan air mineralnya. Selain itu, sediakan juga minuman lain seperti minuman dingin dan kopi. Bila proses pindahan melewati waktu makan siang atau makan malam, sediakanlah makanan. Anda bisa menyediakan makanan yang mudah dimakan seperti pizza maupun sandwich. Dengan demikian, proses pindahan juga tidak akan lama. Namun, bila tidak mengejar waktu, Anda bisa menyediakan makanan lainnya. Atau Anda juga bisa menawarkan makanan yang dimasak pada hari itu. Tanyakan saja apa yang mereka sukai dan dapat Anda sediakan. Bila proses pindahan tidak melewati makan siang, sediakan saja makanan ringan. Anda dapat memberikan mereka keripik, apel, maupun kukis.