Gunung Bongkok, Wisata Bagi Pendaki Pemula

Bosan dengan suasana perkotaan dengan segala hiruk pikuk aktivitasnya setiap hari? Mungkin ini saat yang tepat untuk Anda pergi berlibur ke tempat wisata yang bernuansa alam. Selain bisa menghirup udara yang tentunya lebih segar dan bersih, Anda pun bisa mendekatkan diri ke alam untuk mendapatakan ketenangan batin. Jika Anda ingin mencoba untuk mendaki gunung, tak perlu jauh-jauh, sebagai pendaki pemula Anda bisa mencoba untuk mendaki Gunung Bongkok yang ada di Purwakarta, Jawa Barat. Selain jaraknya yang tak terlalu jauh dari Ibu Kota, Kota Purwakarta juga mudah dijangkau untuk hal transportasi. Anda bisa menempuhnya dengan kereta dari Jakarta. Tiket kereta Jakarta-Purwakarta bisa Anda dapatkan dengan mudah di Bukalapak. Anda hanya perlu pilih tanggal yang diinginkan dan langsung booking tiketnya. Pembayarannya pun praktis karena bisa melalui mobile atau internet banking.

Tentunya bagi Anda yang belum pernah mendaki gunung, berwisata ke Gunung Bongkok pasti akan memberikan sensasi pengalaman yang berbeda. Namun sebagai pendaki pemula, banyak hal yang harus Anda persiapkan sebelum mendaki. Meskipun Gunung Bongkok bukan Gunung yang memiliki ketinggian ribuan meter di atas permukaan laut, tapi tetap saja beberapa keperluan perlu Anda perhatikan agar kegiatan mendaki Anda lancar tanpa hambatan. Berikut ini daftar yang harus Anda persiapkan sebelum mendaki Gunung Bongkok:

Persiapan Menempuh Perjalanan Ke Gunung Bongkok

Gunung Bongkok berlokasi di Kota Purwakarta tepatnya terletak di Desa Cikandang dan bisa dicapai dalam waktu 3 jam saja dari Ibu Kota Jakarta jika menggunakan moda transportasi kereta. Jika Anda menginginkan untuk membawa kendaraan pribadi juga bisa namun waktu tempuhnya tentu akan lebih lama dibanding dengan menggunakan kereta.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Gunung Bongkok termasuk dalam gunung yang memiliki ketinggian yang terbilang rendah. Tinggi Gunung Bongkok hanya 975 meter di atas permukaan laut dengan keadaan alam yang berbatu. Meskipun terbilang rendah, tapi sebagai pendaki pemula kesiapan fisik tetap harus diperhatikan. Banyak pendaki pemula yang menjadikan gunung ini sebagai pengalaman awal mendaki mereka.

Tentukan Rute dan Waktu yang Tepat untuk Mendaki

Jika Anda berencana mendaki ke Gunung Bongkok pada saat weekend, biasanya para pendaki atau wisatawan tiba di gunung pada Sabtu sore. Jadi Anda bisa perkirakan kapan waktu yang tepat untuk berangkat dari Jakarta. Biasanya mereka akan berkemah untuk bermalam di sekitar Pos Munclu untuk selanjutnya, melakukan pendakian menuju puncak Gunung Bongkok pada esok paginya. Tips lainnya adalah jika Anda baru pertama kali mendaki ke gunung ini, sebaiknya manfaatkan jasa pemandu wisata yang ditawarkan warga sekitar. Selain menghindari tersesat saat mendaki, Anda juga bisa ikut membantu perekonomian warga lokal.

Siapkan Perbekalan Secukupnya

Meskipun memiliki ketinggian yang terbilang rendah, namun tetap saja Anda akan melakukan aktivitas yang terbilang berat yaitu mendaki gunung. Untuk itu perlu sekali untuk mempersiapkan perbekalan yang cukup. Sejumlah persiapan penting seperti bekal makanan, pakaian hangat, kemah, dan barang-barang lainnya harus Anda bawa untuk memperlancar kegiatan mendaki Anda. Jangan lupa juga untuk membawa obat-obatan sebagai antisipasi kalau terjadi hal yang tidak diinginkan.

Bagaimana? Anda tertarik untuk mendaki Gunung Bongkok? Rencana mendaki Anda akan semakin mengasyikkan kalau mengajak teman untuk ikut serta. Selamat menikmati wisata alam yang menyenangkan, ya!