Cara Mudah Belajar Gitar Dengan Gambar Kunci Gitar

Gitar adalah sebuah alat musik berdawai yang dimainkan dengan cara dipetik menggunakan jari atau plektrum. Alat musik ini memang telah ada sejak jaman dahulu. Namun telah memiliki banyak perubahan jika dibandingkan dengan gitar jaman dahulu. Bahan pembuatan gitar juga sangat beragam. Biasanya gitar tradisional terbuat dari bahan kayu dan menggunakan senar yang terbuat dari nilon maupun baja. Untuk belajar menggunakan alat musik ini terhitung mudah, untuk lebih jelasnya mari kita bahas mengenai cara mudah belajar gitar dengan gambar kunci gitar.

Beberapa Macam Jenis Gitar

Sebelum kita membahas lebih dalam mengenai cara belajar gitar dengan gambar kunci gitar, ada sedikit informasi mengenai jenis-jenis gitar diantaranya sebagai berikut.

  1. Gitar akustik atau yang lebih kita kenal dengan gitar tradisional, karena telah dipergunakan sejak jaman dahulu. Gitar ini memiliki bagian badan yang berlubang. Gitar akustik modern terbagi menjadi tiga jenis, gitar akustik senar nilon, gitar akustik senar baja, gitar akustik archop.
  2. Selanjutnya adalah gitar elektrik. Gitar ini diperkuat dengan jaringan elektrik, sehingga ketika kita akan memetik gitar tidak memerlukan tenaga seperti gitar akustik. Gitar ini memiliki instrumen yang luas, sehingga sering dipergunakan untuk berbagai genre musik seperti regge, jazz, metal, rock, pop dan banyak lagi.

Cara Mudah Belajar Gitar

Nah setelah kita mengetahui jenis-jenis dari gitar, saatnya kita mulai membahas mengenai cara mudah belajar gitar. Alat musik ini tergolong mudah untuk dipelajari dan dimainkan, terbukti saat ini banyak sekali kawula muda yang memainkan alat musik ini. Berbeda dengan biola, piano, seruling, yang membutuhkan waktu cukup lama agar dapat memainkannya. Untuk mempermudah belajar gitar, sebaiknya kita menghafal terlebih dahulu kunci gitar. Sehingga memudahkan kita dalam belajar. Gambar kunci gitar memang banyak sekali ya, bagi pemula yang ingin belajar gitar, tidak langsung semua dihafalkan. Nanti malah akan membuat anda merasa bingung.

kunci dasar gitar lengkap

Yang paling utama dihafalkan adalah kunci dasar gitar. Bagi pemula sebaiknya belajar menggunakan gitar akustik terlebih dahulu. Pasalnya bermain gitar membutuhkan jari-jari yang kuat untuk menekan senar gitar. Selain menghafal kunci dasar gitar, untuk mempermudah dalam belajar kita dapat menggunakan gambar kunci gitar. Karena dengan gambar akan terlihat nyata bila dibandingkan dengan tulisan. Sehingga kita akan lebih mudah memahami bila menggunakan teori tulisan. Kita dapat dengan mudah menemukan gambar seperti ini pada media buku-buku musik maupun internet.

Itulah tadi sedikit pembahasan kita mengenai cara mudah belajar gitar dengan gambar kunci gitar. Bagi pemula yang ingin belajar gitar dengan mudah sebaiknya menghafal terlebih dahulu kunci dasar bermain gitar. Kita akan mudah mempelajari kunci gitar bila menggunakan gambar bila dibandingkan dengan teori. Semoga bermanfaat bagi anda dan selamat mencoba.