Bunda Ini Nih Olahraga Yang Cocok Untuk Ibu Hamil

Mitos yang ada dalam masyarakat adalah larangan bagi ibu hamil untuk berolah raga. Hal tersebut benar jika olahraga yang dilakukan adalah jenis olahraga yang berat tentunya sangat dilarang karena dapat membahayakan ibu dan janin yang dikandungnya. Namun jika ibu hamil tidak berolahraga justru malah akan membuat proses persalinanya kelak terkendala.

Sebenarnya olahraga sangat diperlukan oleh ibu hamil untuk menjaga kesehatan janin dan sang ibu. Tetapi olahraga bagi ibu hamil pastinya berbeda dengan orang pada umumnya. Olahraga yang dilakukan adalah jenis olahraga ringan dengan waktu yang dibatasi agar ibu hamil tidak kelelahan. Apasajakah olahraga yang cocok bagi ibu hamil? Berikut ini beberapa olahraga yang cocok dilakukan oleh ibu hamil.

Olahraga Yang Cocok Untuk Ibu Hamil

  1. Jalan Kaki

Jalan kaki adalah olahraga terbaik dan termurah yang dapat dilakukan oleh ibu hamil. Olahraga ini sangat baik untuk memperlancar peredaran darah dan membuat badan lebih sehat. Dengan berjalan kaki minimal 30 menit sehari bisa mengurangi sakit punggung yang biasa dialami oleh ibu hamil. Tentu anda perlu ingat untuk melakukannya lebih baik saat pagi hari dimana panas matahari tidak terlalu menyengat yang dapat berbahaya bagi perkembangan janin. Selalu bawa botol minum anda untuk menjaga terpenuhinya cairan tubuh anda selama berolahraga.

olahraga untuk ibu hamil trimester pertama

  1. Berenang

Menurut penelitian, berenang adalah olahraga terbaik bagi ibu hamil karena dengan berenang dapat membantu melatih otot-otot besar pada bagian lengan dan kaki. Selain itu bagi ibu hamil yang mengalami obesitas, berenang dapat membantu untuk menurunkan berat badan juga baik untuk jantung. Sebaiknya saat berenang ibu hamil menggunakan gaya dada agar gerakan yang dikeluarkan tidak terlalu banyak atau menggunakan gaya punggung agar aliran darah menjadi lebih lancar. Lakukan olahraga renang selama 30 menit sehari dan selama 15 menit sekali untuk meminum satu gelas air untuk menghindari dehidrasi.

  1. Duduk bersila

Anda bisa menyiapkan matras yang nyaman untuk olahraga ini. Yang anda perlukan adalah dengan duduk bersila diatas matras dengan menggerakkan tangan anda keatas dan kebawah secara perlahan diiringi dengan menarik nafas dalam dan menghembuskannya. Lakukan hal ini berulang kali sampai anda merasa rileks.

  1. Senam Kegel

Senam ini berpusat pada latihan otot panggul yang dapat memperkuat dan mengencangkannya. Hal ini sangat penting dilakukan untuk mempersiapkan proses persalinan nanti. Senam kegel sangat baik dilakukan pada trimester pertama kehamilan. Selain itu senam ini juga membantu untuk mengembalikan tubuh seperti sediakala setelah melahirkan nanti.

  1. Jogging

Pada saat usia kandungan empat bulan, ada pergeseran pusat grafitasi karena janin dalam rahim telah membesar sehingga keseimbangan tubuh anda berkurang. Hal ini dapat diatasi dengan jogging ditanah yang datar dengan kecepatan yang sangat lambat.

Demikian olahraga-olahraga ringan yang tetap bisa anda lakukan disaat masa kehamilan. Olahraga saat hamil tentunya tidak hanya menyehatkan anda tetapi juga janin yang anda kandung.