9 Jenis Pekerjaan Programming Yang Menjanjikan Di Masa Depan

Bagi kamu yang tidak bergerak dalam bidang teknologi komputer, mungkin akan bertanya apa sih pekerjaan programming itu? sebab memang sepertinya jenis pekerjaanya sangat keren sekali. Apalagi perkembangan teknologi saat ini telah mengarah pada perkembangan teknologi perangkat lunak. Sehingga seorang programmer akan sangat mudah menemukan pekerjaan saat ini dan di masa depan.

Jenis Pekerjaan Programming

Dari sekian banyak jenis pekerjaan yang bisa dilakukan, di bawah ini adalah beberapa jenis pekerjaan seorang programer yang sangat menjanjikan di masa depan. Mulai dari yang umum sampai yang khusus.

  1. Software Development

Jenis pekerjaan pertama seorang programer adalah software development atau kadang ada yang menyebutnya Software engineer’, ‘Computer programmer’. Apapun sebutanya, inti dari pekerjaanya adalah sama. Yaitu sama dalam hal ruang lungkup dan tujuan yang aka dikerjakan. Biasanya berhubungan dengan software atau perangkat lunak juga aplikasi. Ini adalah jenis pekerjaan yang paling umum dilakukan oleh seorang programer.

  1. Game

            Bergabung di industri game juga penuh resiko sama seperti bergabung pada industri Start-up. Tetapi disisi lain industri ini juga mempunyai peluang yang cukup tinggi. Untuk membuat game akan membutuhkan waktu yang bisa dibilang lama. Baru setelah projek itu selesai akan dirilis di pasaran.

Dari sisni akan ada sebuah peluang kesuksesan karena jika game yang kamu buat menarik banyak penggemar maka game tersebut akan dimainkan secara terus menerus.

  1. Web Development

            Dalam industri pemrograman, web develpment mempunyai bagian khusus yang unik baik itu dari segi alur pekerjaan, aarsitektur, bahasa, dan konsep yang sedikit cenderung tumpang tindih dengan industri lainnya. Misalnya saja pada pengembangan video game makan akan melibatkan seorang desainer game, dan lain sebagainya.

Bagi kamu yang berminat pada karir seorang Web Develpment bisa melirik industri dibawah ini. yang juga menjadi bagian dari pekerjaan seorang programer.

Web Development

  1. Front-End

            Pada bagian ini lingkup kerja yang bisa kamu ambil adalah mendesain sebuah situs web untuk terlihat user-friendly dengan menggunakan bahasa seperti KTML, Javascript, dan CSS. Melalui hal itu kamu dapat menerapkan fungsionalitas yang membuat situs web dapat interaktif dan mudah dioprasikan.

  1. Back-End

            Sebagai pemisalan saat membuat mobil, jika bagian front-end membangun sebuah kerangka keseluruhan maka pada bagian back-end akan menangani semua hal yang bisa membuat sebuah mobil itu dapat berjalan dan digunakan. Jadi pengembangan bagian Back-end fokus menangani dalam hal logika dan data dari situs web.

  1. Full-Stack

            Dalam Full-Stack development ruang lingkup yang dikerjakan mencakup baagian Front-End dan Back-End. Di sini selain membuat desain website juga sekaligus menerapkan logika dan data secara bersamaan. Jadi secara gaji pun dalam industri Full-Stack memiliki jumlah yang lebih tinggi.

  1. Database Development

            Seorang database development sangat diperlukan dalam hal pemrosesan sebuah data untuk meminimalkan kompleksitas, mengoptimalkan kinerja serta memastikan data agar dapat diakses dengan mudah oleh program yang mebutuhkannya.

Jika kamu ingin berkarir dalam dunia database development, maka ada dua jenis pilihan utama yang bisa kamu pertimbangkan.

  1. SQL

            SQL adalah sebuah database dengan sebuah bahasa tersendiri, yang kemudian muncul beberapa sistem manajemen basis data relasional (RDBMS) yang populer seperti Microsoft SQL, MySQL, Server, dan SQLite.

  1. NoSQL

            Jenis pekerjaan programming berikutnya adalah NoSQL. NoSQL adalah jenis database non-relasional yang menawarkan skalabilitas, fleksibilitas, dan kecepatan pengembangan dengan mengorbankan struktur dan integritas data yang begitu kurang. Pengembangan database ini seperti MongoDB, Redis, dan Cassandra.