7 Cara Mudah Belajar Renang untuk Pemula Secara Otodidak

Renang merupakan salah satu olahraga yang bisa dikatakan paling powerful dalam menunjang kesehatan dan pertumbuhan fisik. Selain mendapatkan sejumlah manfaat bagi kesehatan, kemampuan berenang pun sangat diperlukan entah itu untuk mempertahankan diri, bisa lulus dalam sebuah seleksi dan lain sebagainya.

Berenang bukanlah kegiatan yang mudah namun bukan pula kegiatan yang sulit. Intinya, semua orang pasti bisa melakukannya asalkan mereka tahu cara yang tepat dalam mempelajarinya. Memang telah banyak tersedia jasa les renang yang dapat membantu Anda. Namun sebaiknya Anda mencoba dahulu 7 cara mudah belajar renang untuk pemula di bawah ini.

  1. Cari Partner untuk Belajar

Belajar renang bukanlah sesuatu yang akan efektif untuk dilakukan sendirian. Walaupun otodidak, Anda sebaiknya mencari minimal satu orang teman sebagai partner dalam belajar renang. Carilah partner yang memiliki komitmen dalam belajar renang.

  1. Sering-Sering Masuk ke Dalam Kolam Renang

Bagi para pemula, berenang tidak bisa dipelajari dengan cara langsung menirukan gerakan berenang. Hal paling dasar yang perlu Anda lakukan adalah megakrabkan diri dengan air. Maksud dari mengakrabkan diri di sini adalah sering-sering masuk ke dalam kolam renang. Rendamlah tubuh Anda sebatas leher. Basahi muka Anda sesekali. Anda cukup melakukan hal ini di pinggir kolam renang. Lakukan secara rutin sampai Anda terbiasa.

  1. Berjalanlah di Dalam Kolam

Setelah Anda merasa “akrab” dengan air, maka mulailah berjalan di dalam kolam renang. Pertama-tama, cobalah untuk menekuk lutut dan mengayunkannya di dalam air ke arah depan dan belakang. Lakukan secara berulang dan bergantian. Kemudian, berjalanlah dengan langkah yang lebar. Lakukan gerakan maju mundur secara berulang. Jika sudah terbiasa, mulailah berjalan lurus ke arah depan.

Tips Cara Cepat Belajar Renang

  1. Atur Nafas Anda

Mengatur nafas merupakan hal yang sangat penting dan wajib dikuasai oleh semua orang yang ingin belajar renang. Anda harus tahu kapan saat menghirup udara dan menghembuskannya. Hal ini tentu tidak bisa dilakukan secara sembarang.

Mulailah dengan mengambil nafas panjang dan langsung masukkan semua badan ke dalam kolam alias menyelam. Tahan nafas dan keluarkanlah nafas sedikit demi sedikit. Keluarkan kepala dari kolam dan tarik nafas panjang menggunakan mulut. Lakukan secara berulang. Jangan lupa untuk memperkirakan hitungan detik waktu menyelam Anda.

  1. Mengapung

Selanjutnya, condongkanlah badan Anda ke depan secara perlahan-lahan sambil membuka kedua tungkai kaki dan lengan. Mintalah partner Anda untuk menjaga Anda selama melakukan praktik mengapung ini. Anda bisa mempraktikkan mengapung dengan telungkup dan telentang. Lakukan sampai Anda menguasainya.

  1. Meluncur

Setelah bisa mengapung, maka saatnya Anda belajar meluncur. Sampai di step ini, Anda pasti tidak akan terlalu kesusahan dalam melakukan gerakan meluncur. Anda hanya perlu berdiri tegak dengan merapatkan kedua lengan ke depan. bungkukkan tubuh ke depan dan cobalah untuk meluncur selama yang Anda bisa.

  1. Tirukan Gerakan Berenang

Ketika Anda telah menguasai gerakan meluncur, maka Anda sudah siap untuk mulai berenang. Tirukanlah gerakan-gerakan berenang yang Anda tahu dan praktikkan bersama dengan partner Anda. Jangan lupa untuk melakukan gerakan meluncur terlebih dahulu.

Itulah serangkaian cara mudah belajar renang untuk pemula yang bisa Anda lakukan secara otodidak. Intinya, Anda hanya harus berlatih dengan tekun dan teratur serta jangan takut air. Semangat dan selamat mencoba.