6 Fasilitas Wajib untuk Rumah Dijual 300 Juta di Kota Berkembang

Ada keuntungan tersendiri ketika meminati rumah dijual di perumahan kota berkembang. Apalagi kalau membelinya. Harga yang dipatok tentu saja sangat variatif dan dipengaruhi oleh berbagai macam faktor. Harga hunian 300 juta sepertinya menjadi harga rata-rata yang paling banyak diminati oleh banyak orang.

Nah, demi kepuasan pembeli, biasanya penjual rumah menyertakan deskripsi fasilitas yang disesuaikan dengan harganya yang dalam hal ini harga 300 juta. Apa saja fasilitas yang wajib ada untuk rumah seharga 300 juta di kota berkembang?

  1. Taman Bermain

Fasilitas berupa taman bermain ini sangat berguna untuk Anda yang sudah berkeluarga. Begitu pun yang masih lajang. Minimal sudah menyediakan tempat yang asyik untuk calon keluarga Anda nantinya. Setuju bukan? Mengapa fasilitas ini wajib ada? Sebagai orang tua yang baik, Anda memiliki kewajiban berupa memosisikan anak sebagaimana mestinya.

Anak yang ditahan di dalam rumah tentu akan memiliki keterbatasan pergaulan. Perasaan empatinya pada sesama tidak akan terbangun dengan baik. Padahal sifat empati ini yang bisa membuat seseorang peka saat orang lain bahagia ataupun perlu bantuan. Dengan adanya taman bermain, kebutuhan semacam itu akan terpenuhi secara tidak langsung.

  1. PDAM

Meskipun yang namanya masih kota berkembang, kalau sudah bicara tentang perumahan, maka kebutuhan air bersih itu wajib hukumnya. Biasanya rumah baru dibeli, sama sekali tidak ada yang namanya sumur atau semacamnya. Pihak pengembang tidak mau ambil rugi ketika menyertakan pembuatan sumur dalam agenda “bangun rumah” yang tentu akan menambah pengeluaran yang tidak sedikit.

Lagi pula, membuat sumur di perumahan itu biasanya air yang dihasilkan juga tidak cukup bersih. Soalnya warna dan kandungan di dalamnya sudah terkontaminasi oleh aktivitas tetangga. Air dari PDAM tidak akan berbau, berwarna, apalagi berasa mirip besi berkarat pada umumnya air di perkotaan. Bukankah lebih praktis untuk kita yang hidup di zaman sekarang?

  1. One Gate System

Fasilitas one gate system saat ini sangat diunggulkan dalam perumahan modern. Secara umum, one gate system ditandai dengan adanya jalan keluar-masuk dengan satu pintu. Nah, pintu gerbang ini biasanya dijaga oleh satpam perumahan. Ketika rumah dijual dengan disertai fasilitas ini, maka keamanan jadi lebih mudah dipantau.

Ciri lainnya adalah adanya pagar yang melingkupi seluruh rumah yang ada di perumahan. Sampai sekarang sudah banyak yang menerapkan fasilitas ini, termasuk di kota berkembang. Tapi untuk daerah yang baru dibuka, biasanya belum ada. Bentuknya memang berderet, tetapi akses jalannya masih ke mana-mana. Belum terfokus.

  1. CCTV

Setelah dimanjakan dengan adanya fasilitas one gate system, bukan berarti keberadaan dalam rumah terjamin 100%. Untuk menggenapi harapan Anda tentang keamanan, maka harus ada fasilitas berupa CCTV. Tidak perlu banyak-banyak. Sebaiknya ada CCTV yang bisa memantau halaman rumah, ruang tamu, kamar, dan tempat lain yang kiranya penting.

Ketika sudah terfasilitasi dengan CCTV, maka harus ada yang memonitori. Kalau ada, ajak saja kerabat yang kebetulan masih menganggur untuk bekerja sebagai satpam pribadi Anda. Tapi kalau tidak ada, biarkan CCTV merekam setiap kejadian di siang hari dan malam hari. Jadi, saat ada pencurian dan semacamnya, Anda punya bukti yuridisnya.

  1. PLN

Selain air bersih, kebutuhan listrik juga bisa dikatakan wajib. Di zaman sekarang mana ada yang mampu hidup tanpa listrik? Hampir seluruh aktivitas manusia sekarang melibatkan listrik. Khususnya Anda yang memiliki pekerjaan yang tidak bisa lepas dari komputer. Katakanlah seperti auditor, analis, atau bahkan freelancer.

Dalam aktivitas pekerjaan semacam itu, listrik menjadi sahabat yang sangat akrab. Tanpanya, penghasilan harian pun akan surut. Beruntung kalau Anda mendapati rumah dijual dengan daya konsumsi listrik yang rendah. Rata-rata listrik yang menggunakan pos paid itu harganya 2 kali lipat lebih murah daripada listrik dengan token.

  1. Trek Jogging

Fasilitas trek jogging erat kaitannya dengan kebutuhan akan kesehatan manusia. Terutama kesehatan jantung dan paru-paru. Trek ini biasanya dibuat memanjang dari ujung perumahan ke perumahan lainnya. Soalnya perumahan itu dibuat di atas lahan seluas sekian hektare. Jadi, soal trek jogging itu sudah dirancang sejak awal pembangunan perumahan itu sendiri.

Dengan adanya trek jogging, Anda juga akan mudah bercengkerama bersama tetangga setiap pagi. Dengan kata lain, keberadaan fasilitas ini justru bisa membuat hubungan antar tetangga lebih rukun. Ketika kerukunan tercipta, maka saat salah satunya terkena masalah, lainnya akan peduli dan melindungi. Bukankah ini adalah tugas manusia sebagai makhluk sosial?

Memang, faktanya tidak semua rumah dijual seharga 300 juta disertai keenam fasilitas di atas. Rata-rata hanya memenuhi 1 sampai 6 fasilitas tersebut. Tidak 6 sekaligus. Bukan masalah, asalkan Anda nyaman-nyaman saja. Dalam kehidupan di perumahan, usahakan selalu terlibat dalam aktivitas apa pun agar Anda tidak dikesampingkan oleh tetangga.